A. Arsitektur komputer
Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya
dengan bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan
perangkat lunak aplikasinya
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1.Set instruksi (ISA)
2.Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh kompon
4. Organisasi Komputer
adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit
operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Tujuan matakuliah ini adalah
mahasiswa bisa mengetahui konsep kerja dari komputer secara keseluruhan, untuk
lebih detailnya akan di ulas pada mata pelajaran Arsitektur Komputer
PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
Jika organisasi
komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface),
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak
langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/0.
# apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi
pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah
instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah
melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Ø Arsitektur sama,
organisasi dapat berbeda
Ø Arsitektur bertahan
lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur
komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah
sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang
memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang
mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
ü Semua intel family
x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
ü Family IBM system/
370 memiliki arsitektur dasar yang sama
ü Organisasi antar
versi memiliki perbedaan.
1. Arsitektur
Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak
(Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah
bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik
pengalamatan memory.
2. Organisasi
Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware yang
dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan
teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur Komputer :
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait
dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM,
cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah
arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung
pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
1. Set instruksi
(ISA)
2. Arsitektur mikro
dari ISA, dan
3. Sistem desain
dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Organisasi Komputer :
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari
bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem
computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface),
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
- Bagian yang
terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
- Contoh :
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
- Atribut – atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh : Set
instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah
arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini
digunakan oleh hampir semua komputer saat ini.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, “bus”
Comments
Post a Comment