Skip to main content

Memperbaiki Layar yang Blank Setelah Hibernate atau Sleep


Err, kadangkala kalo seabis masuk mode hibernasi atau sleep, layar laptop kita jadi blank berwarna hitam pada waktu dinyalain lagi. Keliatannya sih semuanya baik-baik aja, si laptop ga ngehang atau mati. Keliatannya tetep jalan normal (mungkin), cuma layarnya aja yang hitam ngeblank. 

Oh iya, laptop saya sebenernya ga pernah mati loh selama hampir 17 bulan, haha. Ga pernah hibernasi, ga pernah di-shutdown, ga pernah masuk mode sleep. Tapi si layar dibikin otomatis mati setelah 2 menit. Layarnya doang loh, sedangkan aktivitas CPU dll. tetep jalan. :D Tinggal gerakin mouse atau tekan 1 tombol di keyboard, langsung nyala lagi. 

Nah, suatu hari layar laptop saya itu ga nyala lagi meski mouse udah digerak-gerakin, keyboard udah diteken-teken, tombol power diteken. Layarnya tetep aja ngeblank hitam. Ga keliatan apa-apa. Padahal kipas nyala, lampu-lampu nyala, kayanya semua nyala kecuali layarnya. Duh! XD 

Lalu gimana biar nyala lagi? Kalo saya sih simple aja: matiin paksa! Haha. :D 

Pertama, tahan tombol power selama 5-10 detik sampai si laptopnya mati total. Tunggu beberapa saat. Elus-elus dulu laptopnya. Trus nyalain lagi normal. Hehe, setelah itu si laptopnya normal lagi kaya biasa. 

Pencegahan dan/atau Perbaikan (Fix)


Tapi, tapi... kalo gitu terus kan males ya. Jadi gimana caranya biar mencegah hal itu ga terulang lagi? 

Saya browsing-browsing, ada 4 kemungkinan penyebab kenapa hal itu terjadi. Dengan asumsi hardwarenya semuanya baik-baik aja loh ya. Jadi, 4 kemungkinan berikut ini cuma fix buat masalah software, bukan hardware. 

1. Paging File yang kurang gede


Klik kanan Computer, lalu pilih Properties. 


Masuk ke "advanced system settings". 


Pilih tab Advanced. Klik tombol Settings di bagian Performance. 


Pilih tab Advanced lagi. Lalu klik tombol Change pada Virtual Memory. 


Buang tanda centang pada "automatically manage paging file size for all drives". Kemudian ganti mode Paging File jadi Custom. 

Isi Initial size-nya sesuai dengan yang direkomendasikan. Sedangkan Maximum size-nya sih saya isi senilai 2x RAM. Misalnya kalo RAM-nya tu 3 GB, maka Maximum size-nya jadi 6 GB = 6 x 1024 = 6144 MB. 


Klik Set. Klik OK. Klik Apply/OK aja terus, biasanya muncul kotak dialog yang nyuruh ngerestart laptop. Pilih aja "Restart Now". Atau pilih "Restart Later" juga boleh, tapi abis itu segera restart secara manual laptopnya. 

2. Hard Disk Drive (HDD) yang hampir habis


Entah apa atau bagaimana alasan teknisnya, hehe. Yang pasti, usahain free space-nya tu banyak di Drive System kita (biasanya Drive C:). Nyimpen-nyimpen file, film, musik, atau apapun di drive yang lain aja. Games juga install aja di drive lain kalo perlu, hehe. Kecuali kalo Drive C-nya ratusan GB ya silakan aja. Pokoknya usahain free space di Drive System tuh banyak. 

3. Ganti Antivirus


Yang ini sih saya pun percaya ga percaya, hahaha. :D 

Tapi ada seseorang yang bilang kalo dia sering ngalamin masalah black screen ini. Lalu dia ngebuang antivirusnya. Setelah itu semuanya berjalan normal lagi kaya biasa. 

Tapinya lagi, kan bahaya juga kayanya kalo ga pasang antivirus. Kecuali kalo pede ga bakal kena virus sih ya silakan-silakan aja. :P Saya sendiri sih ganti antivirus buat cari aman, hehe. Asalnya pakai Avast Free, lalu ganti jadi AVG Free. 

4. Install ulang driver VGA


Download dulu driver VGA yang terbaru (kalo belum punya). 

Tutup semua program. Dan lepas juga semua yang nyambung ke laptop seperti: USB flashdisk, HDD external, kabel LAN, semua yang nyambung ke USB drive, modem, dll. Semua pokoknya. XD 

Uninstall driver VGA lama. 

Restart. 

Install driver VGA yang baru. 

Restart.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengatasi MySQL yang tidak bisa distart di XAMPP

Di tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi MySQL yang tidak bisa distart. Di sini ada banyak cara yang perlu anda lakukan. Cara 1 : Dulu saya pernah mengalami hal seperti itu. Ketika saya mengklik start pada MySQL, tulisan Stop pada MySQL tidak muncul - muncul. Penyebabnya adalah memindahkan file – file XAMPP dari C ke D . Tapi itu belum ada tanda error. Karena tidak ada respon running, saya tutup saja XAMPP lalu saya buka kembali XAMPP-nya. Muncul pernyataan seperti ini : 9:15:58 PM   [mysql]         MySQL Service detected with wrong path 9:15:58 PM   [mysql]         Change XAMPP MySQL settings or 9:15:58 PM   [mysql]         Uninstall/disable the other service manually first 9:15:58 PM   [mysql]         Found Path: ERROR: Not Able To Open Service Manager 9:15:58 PM   [mysql]         Expected Path: c:\xampp\mysql\bin\mysqld.exe --defaults-file=c:\xampp\mysql\bin\my.ini mysql 9:15:58 PM   [mysql]         Problem detected! 9:15

5 Cara mengaktifkan atau enable task manager yang disabled

cara mengaktifkan task manager windows 7/xp/8 –  task manager biasa merupakan fitur yang memang sudah ada sejak kita menginstal sistem operasi windows. task manager memiliki fungsi untuk memantau kinerja pc kita mulai dari memory dll. Dengan task manager kita bisa menghentikkan pekerjaan windows yang sia-sia yang hanya menghabiskan memory RAM pc kita. Tapi terkadang task manager tidak bisa di akses atau di buka dengan berbagai peringatan ketika membukanya seperti   “task manager disabled”  atau muncul pesan   “task manager disabled by administrator”  bahkan task manager terkena virus. Berikut ini adalah kumpulan Cara Mengaktifkan Kembali Task Manager yang di sebabkan berbagai macam alasan : Mengaktifkan task manager has been disabled by your administrator Aktifkan task manager memakai grup policy editor Tekan gabungan tombol windows + R untuk buka menu Run lalu tulis gpedit. msc serta tekan enter. Pada User Configuration, click administrative templates Tentukan Sistem lalu

Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ Custom Rom }

Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ Custom Rom } Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ Custom Rom } - Kali ini Android Interlude akan share tentang bagaimana cara Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ Custom Rom }. Jadi bagi kalian pengguna Oppo Joy R1001  yang masih memakai OS Jelly bean dan belum mendapat Upgrade OS resmi dari OPPO, mungkin Custom Rom ini bisa jadi solusi bagi kalian pengguna Oppo Joy R1001  yang ingin menikmati fitur kitkat. Sebelum melanjutkan, Androit Interlude ingatkan ini hanya Custom Rom bukan Upgrade resmi dari OPPO, dan masih mungkin ditemukan beberapa bugs. Baiklah jika sudah mengerti dan ingin melanjutkan, berikut tutorialnya : Langkah I : Persiapan  Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ Custom Rom } Pastikan Oppo Joy R1001 sudah di root Sudah terinstall CMW  Bateray Min 70% Mungkin kalian akan butuh ini : CARA ROOT DAN UNROOT OPPO JOY R1001 INSTALL CWM RECOVERY OPPO JOY R1001 Langkah II : Download Bahan  Upgrade Rom Kitkat Oppo Joy R1001 [ C